Rabu, 31 Maret 2010

MOTOR KE LELEP AIR BANJIR

Halo bro... gimana kebanjiran ga... kebetulan rumah ane kena banjir sekaligus tunggangan ane si supra and si king kejebak di dalem rumah selama 3 hari, mesin kerendem...??? waduh kaya nya tu motor harus turun mesin nih...?? eit... tar dulu kalo harus turun mesin... ane punya tips pertama untuk motor yang terendam banjir :
Pertama : Motor bawa ketempat yang aman (kering), jangan di on kan dulu tuh kunci kontaknya trus buka tuh kabel accu biar ga ada konsleting di kabel.
Kedua : Busi di buka, oli di keluarkan, karburator di copot, saringan udara di lepas
Ketiga : Setelah langkah pertama dan kedua di lakukan coba bilas motor dengan solar atau minyak tanah kalo ada ( Full Body + Mesin luar )
Keempat : Setelah di pastikan oli keluar semua dan warna masih hitam oli maka otomatis mesin motor dalam kondisi aman, cukup karburator di bersihkan termasuk saringan udara...kalo masih bagus cukup di keringkan..tapi kalo jelek harus di ganti. usahakan ganti oli langsung plus busi biar ga ada mazalah... buat motor yang oli nya udah campur air warnanya pasti putih atau kehijauan seperti jus alpuket..... mesin harus di bilas dulu dengan solar atau oli encer literan cara nya slah sebanyak-banyaknya... kemudian buka tutup oli keluarkan solar atau oli tadi lakukan sebanyak 2 atau 3 kali jika sudah tidak mengandung air semprot dengan kompresor sampai bersih... lalu masukan oli, jangan lupa karbu juga harus di bersihkan plus ganti tuh busi yang udah kerendem... jika udah oke pasang lagi semuanya Accu,karbu,busi lalu kontak deh kunci nya tinggal slah...atau starter... eh itu buat motor 4 tak !!
Nah sekarang gimana kalo mesin motor 2 tak ... untuk 2 tak agak berbeda.. harus bongkar hed dan blok silinder nya karena motor 2 tak disitu jantungnya... setelah di buka kedua komponen tadi bilas dengan bensin bersihkan dengan amplas halus ... ingat jangan keras-keras asal halus saja dari karat air.. setelah kedua bersih lanjutkan ke daerah kruk as.. siram kruk as dengan oli samping untuk memastikan kedua bearing kruk as masih oke ... kemudian putar atau selah sambil di pegang stang seher atau toraknya supaya tidak benturan dengan dinding carter, jika sudah tercampur rata ... semprot dengan compresor untuk menghilangkan sisa air dan oli

3 komentar:

  1. wah terimakasih untuk informasinya Pak.. sungguh membantu kita2 yang punya masalah dengan motor yang terendam air :D

    salam
    kangtatang

    BalasHapus
  2. Hehehe, ap kbr tetangga? Btw, Shogun q jga berenang tuh, tapi ud oke tanpa turun mesin jga... o yah, mampir2 dunks ke blog aq >> http://salonoyah.blogspot.com ... salam blogger Karawang....

    BalasHapus
  3. pak mampir ka nu saya karpetberacun.ucoz.net
    dede deni r 2 tkr 2

    BalasHapus