Jumat, 06 Maret 2009

KOHAR (Korek Harian) Motor 4 Tak

Bagian 1
Motor 4Tak (empat langkah) identik dengan motor lelet atau lambat, tetapi bagus dalam jarak tempuh yang cukup jauh, selain irit mtotor tersebut bandel dalam hal mesin.. tetapi ada sebagian orang menilai motor tersebut susuh untuk di utak atik, tetapi dengan perkembangan teknologi sekarang pihak pabrikan sudah mulai tanggap akan ke mauan konsumen..seperti pihak honda yang mengeluarkan honda blade untuk pasaran masal yang sudah identik dengan high speed dengan di terapkannya roler pada rockerarm untuk mengurangi gesekan dan speed yang tak terhalang, yamaha dengan vega zr nya yang mengusung mesin 115cc sama dengan generasi mio. itu adalah contoh bahwa zaman sekarang mesin motor 4 langkah mulai di kembangkan teknologinya. namun untuk beberapa kalangan ada yang masih belum puas dalam kinerja mesin yang dibuat pabrikan, mereka sedikit merubah kinerja mesin pabrikan untuk di modif bahkan tak jarang untuk race. ada beberapa yang bisa di modif dari mesin standar pabrikan diantara nya :
Melancarkan saluran bensin masuk mesin ( Poilish )
maksudnya mengikis kulit jeruk, saluran bensin seperti leher angsa dan head silinder untuk memaksimalkan masuknya bahan bakar, tanpa ada hambatan lagi yaitu dengan cara menggosok bagian leher angsa dengan amplas atau pisau tuner.. trus gosok deh pake batu ijo atau langsol yang bisa di beli di toko teknik atau sperpart seharga 30 ribu per batang karena bentuknya mirip sabun batangan. tak ketinggalan head silinder (silider cop) juga kena amplas di jalur masuk bensin (setelah leher angsa) caranya buka dulu head dengan kunci 12, timing chains di buka juga lho.. setealh lepas dari blok silinder trus gosok deh pake amplas, klo ga mau capek posisi klep jangan di buka tapi dalam keadaan top (mati), lakukan seperti menggosok leher angsa (manipol). klo semua sudah beres jangan lupa tuh bersihin pake bensin trus semprot pake angin compresor ulangi sampai beberapa kali supaya tidak ada bram (kotoran besi) yang masuk ke mesin. et.. jangan lupa atur tuh spuyer di karbu biar ga ke gerahan tuh mesin, biasanya tuk motor honda grand-supraX 125 cukup ganti pilot jet dengan rata-rata kenaikan 2-5 step, klo grand-supra 100cc cukup ganti pilot jet asli 38 menjadi 40, di toko variasi banyak sekitar 20 ribuan..merk Kitaco, X-trime banyak di pasaran.. tapi untuk honda karisma-supra X 125 asli 35 bisa naik ke 38-40 ok.. trus jangan lupa pasang lagi head sam karbu, trus setel putaran angin sampai pas..siap deh tarik tuh motor..ati-ati ni cuma buat harian aja lho.. tar nyambung lagi ya..di bagian kedua...

5 komentar:

  1. boleh juga, tapi cuman nanbah dikit untuk motor

    BalasHapus
  2. kalo main jet n pilot jet std smash 2004 berapa??

    BalasHapus
  3. saya punya motor supra cina..seher pake kaze 50 dan cam pake punya thailand..kira" main jet sama pilot jet co"k'a dikasih yg berapa yc....???sementara ini saya pake...pilot pke 42 dan main jet pake 78..thx

    BalasHapus
  4. boz,, mtor gw supraX 125,, gw ganti piston beet joy, klep shogun, noken as d bubut 1,5mm, karbu RX-S,, kok blum enak ya tarikanya

    BalasHapus
  5. saya punya supra 125,speknya:
    -seher kaze 25
    -kabu udh di rimer
    -noken as kawahara
    -fir + kampas kopling TDR..
    -kop udah di polish
    tpi yg saya bingung, mtor saya klemahannya di gigi 1,,
    drop lngsung kyak gg punya tnaga,,
    tolong solusinya dong,,!!

    BalasHapus